Abstrak: Laporan keuangan pesantren merupakan perwujudan dari akuntabilitas pengelolaan keuangan. Pada entitas pesantren. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan literasi, pelatihan dan pendampingan akuntansi dan keuangan pada santri melalui aplikasi “keupotrenku” di Kabupaten Kudus. Pendekatan yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Community Development Practice. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan workshop, praktikum dan pendampingan. Workshop dilaksanakan dalam dua sesi yaitu literasi keuangan dan akuntansi yaitu terkait manfaat dan proses dalam manajemen keuangan dan siklus akuntansi. Tahap kedua adalah praktikum penggunaan aplikasi “keupotrenku”dalam penyusunan laporan keuangan. Pada tahap tindak lanjut, diberikan pendampingan lebih intensif pada mitra dampingan dalam penggunaan aplikasi “keupotrenqu”. Evaluasi dilakukan melalui test dan output praktikum. Hasil dari pengabdian ini adalah peningkatan literasi akuntansi dan keuangan santri yang dibuktikan dengan peningkatan pemahaman sebesar 66% yang ditunjukkan dari kenaikan nilai pretest terhadap posttest dari 45,5 menjadi 75,7. Nilai terendah dari awalnya 30 menjadi 60 sedangkan nilai maksimum dari 70 menjadi 90. Selain itu juga terjadi peningkatan kemampuan mitra binaan dalam menyusunan laporan keuangan berupa laopran aktivitas, laporan neraca, laporan perubahan aset neto dan laporan arus kas. Abstract: Islamic boarding school financial reports are an embodiment of financial management accountability at the Islamic boarding school entity. This service aims to provide literacy, training, and assistance in accounting and finance to students through the "keupotrenku" application in Kudus Regency. The approach used in this service is community development practice. The implementation method uses a workshop, practicum, and mentoring approach. The workshop was held in two sessions, namely financial literacy and accounting, namely related to the benefits and processes in financial management and the accounting cycle. The second stage is a practicum in using the "keupotrenku" application in preparing financial reports. At the next stage, more intensive assistance is provided to the assisted partners in using the "keupotrenqu" application. Evaluation is carried out through tests and practical output. The result of this service is an increase in students' accounting and financial literacy as evidenced by an increase in understanding of 66% as shown by an increase in the pretest and posttest scores from 45.5 to 75.7. The lowest value was from 30 to 60, while the maximum value was from 70 to 90. Apart from that, there was also an increase in the ability of the fostered partners in preparing financial reports in the form of activity reports, balance sheets, net asset change reports, and cash flow reports.
Copyrights © 2025