Implementasi pembelajaran Active Learning pada pembelajaran Agama Islam dalam meningkatkan Religiusitas peserta didik memiliki peran yang sangat penting.Sebab keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar atau pembelajaran aktif di dalam kelas bukan hanya sekedar memberikan informasi dan menuangkan ilmu pengetahuan terhadap siswa ketika berada di dalam kelas, melainkan siswa di tuntut bisa belajar dengan sangat baik dan dapat mempraktikkannya di dalam kehidupannya. Tujuan penelitian ini melalui pembelajaran Active learning ( pembelajaran aktif ) adalah untuk meningkatkan Religiusitas siswa (menjadikan siswa aktif dan kritis melalui penayangan video meyakini hari akhir yang di berikan oleh guru ke pada siswa ). Jika para siswa di tuntut,diarahkan dan dibimbing oleh guru pendidikan agama Islam untuk berfikir kritis, meyakini dan mengimani hari akhir,melalui proses pembelajaran Active learning,maka siswa dapat mempraktikkannya di dalam kehidupannya. Artinya, siswa dapat mengamalkan dan mengimplementasikannya dalam kehidupannya,seperti Istiqomah dalam beribadah ,maka Religiusitas siswa tersebut dapat meningkat. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data melalui observasi,tes hasil belajar,dan dokumentasi .Dalam penelitian ini,menggunakan rumus persentase.Penelitian ini terdiri dari 2 siklus.Setiap siklus memiliki tahapan ini yaitu perencanaan,Pelaksanaan tindakan,observasi,dan refleksi. Penelitian ini menggunakan dua macam sumber data: data primer dan data sekunder.Data primer di peroleh dari wawancara langsung dengan kepala sekolah,kepala kurikulum,kepala kesiswaan,dan guru pendidikan agama Islam dan juga hasil observasi serta wawancara yang dilakukan dengan siswa.Sementara itu pengumpulan data tambahan dilakukan dengan pemeriksaan dokumen,manuskrip dan arsip di SMPN 39 kelas 9 SMPN Bekasi Jawa Barat .Analisis peneliti menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran aktif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam melalui kegiatan keagamaan baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Dilihat dari hasil analisis hasil observasi Pra siklus bahwa hasil belajar siswa secara keseluruhan kurang terlihat pada hasil rata – rata sebesar 35,50 % dengan kategori sangat rendah. Setelah penerapan metode Active learning ( melalui penanyangan video mengimani dan meyakini hari akhir ) dalam aktivitas belajar sehingga dapat membuat siswa mengalami peningkatan Religiusitas dari siklus 1 sampai siklus III.Aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu sebesar 53,60 % pada siklus II sebesar 65 ,50 % ,dan pada siklus ke III mencapai 71,85 % . Mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 13, 85 % dari siklus II ke siklus III sebesar 21,25 % , dan dari siklus I ke siklus III mencapai 28,68 % . Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 72% dengan kriteria sangat rendah,17 % kriteria rendah ,17% kriteria sedang. Pada siklus II sebesar 57% dengan kriteria sedang,dan pada siklus III mencapai 92,00 % dengan kriteria sangat tinggi.Dari hasil analisis yang penulis dapatkan maka dapat disimpulkan bahwa Implementasi Pembelajaran Active Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat Meningkatkan Religius Peserta Didik di kelas 9,SMPN 39 Bekasi .
Copyrights © 2025