Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer
Vol 11, No 1 (2016): Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game “The Relationship”

Miftah Fauzan Rahadian (Mulawarman University)
Addy Suyatno (Mulawarman University)
Septya Maharani (Mulawarman University)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2016

Abstract

Finite State Machine (FSM)adalah sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: State(Keadaan), Event(kejadian) dan action(aksi). Sebagai sebuah metodologi perancangan sistem kontrol, penerapan FSM telah banyak diterapkan pada perangkat lunak, khususnya pada game. Metode FSM dapat diterapkan untuk nilai-nilai batas perpindahan yang pasti dan sangat mudah diterapkan pada game “The Relationship”. Game ini merupakan sebuah game berbasis desktop genre petualangan dengan sub-genre simulasi dan menggunakan grafis 2 dimensi. Pengembangan game ini menggunakan tools Unity3D dan bahasa pemrograman C#(Sharp). Hasil dari penelitian ini adalah terealisasinya suatu game dengan menerapkan metode finite state machineuntuk menentukan respon karakter non-player characteryang berbeda tergantung dari interaksi yang dilakukan oleh pemain.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal Informatics Mulawarman Is a means for researchers in the field of computer science to publish his research works. First published in 2007 with a two-yearly published period in February and September. Editorial Board Informatika Mulawarman consists of lecturers of computer science in the ...