Al-I´lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Vol 8, No 2 (2025): Maret 2025

Da’wah Media and the Challenges of Generation Z Popular Culture

Fano, Abiyyu Alfio (Unknown)
Marzuqi, Muhammad Ganda (Unknown)
Hamidah, Lilik (Unknown)
Mus Qoimah, Al Hidayahtul (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

Abstrak: Era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan makin berkembangnya budaya populer di masyarakat, terutama pada Generasi Z, karena media menjadi sarana sosialisasi dan akulturasi berbagai budaya dari berbagai negara. Dalam konteks dakwah, media menjadi bagian yang strategis untuk menyebarkan pesan dakwah. Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis tantangan media dakwah pada era makin berkembangnya budaya populer pada kalangan generasi muda. Dengan menggunakan metode kualitatif dan analisis media yang populer digunakan oleh Generasi Z. Hasil dari kajian ini dapat diketahui bahwa terdapat tahapan-tahapan dalam produksi dan reproduksi konten dakwah di media yang telah dipenuhi oleh berbagai konten menarik lainnya. Maka konten dakwah dituntut untuk beradaptasi dengan pola yang ada dan dapat menjadi tandingan konten lain yang viral di media sosial tanpa keluar dari tujuan dakwah itu sendiri yakni menyeru kepada manusia tentang kebaikan serta nilai-nilai keislaman agar supaya dapat memperoleh kebahagian di dunia dan juga di akhirat.  Abstract:  The era of information and communication technology development has led to the development of popular culture in society, especially in Generation Z, because the media is a means of socialization and acculturation of various cultures from various countries. In the context of da'wah, the media is a strategic part of spreading da’wah messages. This study aims to identify and analyze the challenges of da'wah media in the era of growing popular culture among the younger generation. By using qualitative methods and analyzing media that are popularly used by Generation Z. The results of this study can be seen that there are stages in the production and reproduction of da’wah content in the media that have been filled with various other interesting content. So da’wah content is required to adapt to existing patterns and can be a counterpoint to other viral content on social media without getting out of the purpose of da'wah itself, which is to call people to goodness and Islamic values so that they can get happiness in the world and also in the hereafter.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jail

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Komunikasi dan Dakwah merupakan isu yang saban hari semakin "panas". Komunikasi selalu menjadi panas karena isu-isu besar hari-hari ini muncul karena ulah. Komunikasi baik media, komunikator maupun konten komunikasi itu sendiri. Manakala dakwah merupakan "program agama" yang tidak mungkin lepas dari ...