E-JURNAL AKUNTANSI
Vol 23 No 3 (2018)

Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Kepemilikan Asing pada Pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi

Kadek Nitya Devi Irmayanti (Universitas Udayana)
Ni Putu Sri Harta Mimba (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
25 May 2018

Abstract

Penelitian ini berfokus pada perusahaan consumer goods, dimana perusahaan ini memproduksi barang-barang konsumsi yang dibutuhkan secara rutin oleh masyarakat. Penelitian mengenai pengungkapan CSR pada perusahaan consumer goods masih jarang dilakukan. Sampel yang didapatkan sebanyak 7 perusahaan menggunakan teknik purposive sampling, dengan teknik analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh signifikan pada pengungkapan CSR, leverage berpengaruh positif pada pengungkapan CSR, kepemilikan asing tidak berpengaruh signifikan pada pengungkapan CSR, ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas pada pengungkapan CSR, ukuran perusahaan mampu memoderasi (memperlemah) pengaruh leverage pada pengungkapan CSR dan ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi pengaruh kepemilikan asing pada pengungkapan CSR. Kata kunci: Profitabilitas, leverage, kepemilikan asing, ukuran perusahaan, pengungkapan CSR, consumer goods.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

akuntansi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

E-Jurnal Akuntansi covered various research approaches, namely: quantitative, qualitative and mixed-method. E-Jurnal Akuntansi focuses related on various themes, topics and aspects of accounting and investment, including (but not limited) to the following topics: Financial Accounting Managerial ...