E-JURNAL AKUNTANSI
Vol 24 No 1 (2018)

Pengaruh Agresivitas Pajak Pada Corporate Social Responsibility dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi

Ni Wayan Ristiari Jananti (Unknown)
Ery Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2018

Abstract

Suatu perusahaan memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan dalam memperoleh keuntungan. Corporate social responsibility (CSR) merupakan komitmen perusahaan untuk bertanggung jawab pada dampak operasi perusahaan dalam dimensi sosial, ekonomi serta lingkungan. Tinggi rendahnya pengungkapan CSR suatu perusahaan dapat dipengaruhi oleh agresivitas pajak dan profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh agresivitas pajak pada CSR serta untuk mengetahui apakah profitabilitas memoderasi pengaruh agresivitas pajak pada CSR. Penelitian ini berfokus pada sektor property dan real estate di Bursa Efek Indonesia. Metode penentuan sampel yang digunakan yaitu non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode observasi non participant. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Moderated Regression Analysis (MRA). “Hasil penelitian menunjukkan bahwa agresivitas pajak berpengaruh positif pada CSR serta profitabilitas mampu memoderasi pengaruh agresivitas pajak pada CSR.” Implikasi penelitian, secara teoritis membuktikan teori legitimasi dalam konteks agresivitas pajak dan secara praktis diharapkan memberikan kontribusi positif bagi pihak terkait. Kata kunci: corporate social responsibility, agresivitas pajak, profitabilitas.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

akuntansi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

E-Jurnal Akuntansi covered various research approaches, namely: quantitative, qualitative and mixed-method. E-Jurnal Akuntansi focuses related on various themes, topics and aspects of accounting and investment, including (but not limited) to the following topics: Financial Accounting Managerial ...