E-JURNAL AKUNTANSI
Vol 6 No 3 (2014)

PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP EARNINGS RESPONSE COEFFICIENT

Kadek Trisna Wulandari (Unknown)
I Gede Ary Wirajaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2014

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap earnings response coefficient. Hal ini menjadi penting karena laba sebagai informasi utama yang disajikan dalam laporan keuangan perusahaan direspon secara berbeda oleh investor. Penelitian ini menguji apakah pengungkapan corporate social responsibility merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi respon investor terhadap informasi laba, yang diukur dengan earnings response coefficient. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 82 perusahaan yang ditentukan dengan metode stratified random sampling. Data diolah menggunakan analisis regresi linier berganda dengan model interaksi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengungkapan corporate social responsibility tidak berpengaruh secara signifikan terhadap earnings response coefficient. Hal ini disebabkan oleh rendahnya keyakinan investor terhadap informasi CSR yang diungkapkan perusahaan dan jumlah informasi CSR yang diungkapkan perusahaan relatif sedikit. Kata kunci: corporate social responsibility, cumulative abnormal return, earnings response coefficient, unexpected earnings

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

akuntansi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

E-Jurnal Akuntansi covered various research approaches, namely: quantitative, qualitative and mixed-method. E-Jurnal Akuntansi focuses related on various themes, topics and aspects of accounting and investment, including (but not limited) to the following topics: Financial Accounting Managerial ...