Keputusan merupakan elemen kunci dalam manajemen perusahaan, karena perencanaan yang baik menjadi faktor penentu kesuksesannya. Salah satu aspek penting dalam perencanaan adalah prediksi penjualan. Sebuah perusahaan properti dapat mengalami kesulitan aliran kas akibat over budget, sehingga memaksa perusahaan untuk meninjau kembali strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan Long Short Term Memory (LSTM) untuk membantu perusahaan dalam mengurangi risiko over budget di masa depan. Metode Long Short Term Memory (LSTM) mampu menghasilkan model prediksi dengan akurasi tinggi. Data penelitian berupa data pendapatan penjualan properti dari sebanyak 107 data. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan LSTM dengan perbandingan data latih dan data uji sebesar 90:10, 200 epoch, dan learning rate sebesar 0.005 menghasilkan nilai Root Mean Square Error (RMSE) terendah sebesar 0.128883554. Hasil prediksi menunjukkan pendapatan penjualan yang terus menurun selama tiga tahun.
Copyrights © 2025