enelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial dan perilaku hedonisme terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa dengan mempertimbangkan perbedaan antara mahasiswa kos dan mahasiswa tidak kos. Kebaharuan dari penelitian ini terletak pada pendekatan komparatif yang meninjau pengaruh media sosial dan perilaku hedonisme terhadap pengelolaan keuangan berdasarkan status tempat tinggal mahasiswa. Penelitian ini juga mengintegrasikan teori perilaku terencana (Theory of Planned Behavior) dalam menjelaskan interaksi antara faktor internal dan eksternal yang memengaruhi perilaku finansial mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 120 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial berpengaruh positif terhadap pengelolaan keuangan baik pada mahasiswa kos maupun tidak kos. Sebaliknya, perilaku hedonisme berpengaruh negatif terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa, meskipun dampaknya lebih signifikan pada mahasiswa kos. Selain itu, uji perbedaan menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam pengelolaan keuangan antara mahasiswa kos dan tidak kos. Studi ini memberikan kontribusi baru dalam ranah kajian keuangan personal mahasiswa, dengan menambahkan dimensi lingkungan sosial sebagai faktor moderasi yang belum banyak dieksplorasi dalam penelitian sebelumnya. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya edukasi keuangan bagi mahasiswa untuk meningkatkan kesadaran finansial dan mengurangi dampak negatif dari perilaku konsumtif. This study aims to analyze the influence of social media and hedonistic behavior on students' financial management, with a focus on the differences between boarding and non-boarding students. The novelty of this research lies in its comparative approach, examining how social media and hedonistic behavior affect financial management based on students' residential status. Additionally, this study integrates the Theory of Planned Behavior (TPB) to explain the interaction between internal and external factors influencing students' financial behavior. Adopting a quantitative approach, this research employs a survey method, collecting data through questionnaires distributed to 120 students. Multiple linear regression analysis is used to determine the effect of the independent variables (social media and hedonistic behavior) on the dependent variable (financial management). The results indicate that social media positively influences financial management for both boarding and non-boarding students. Conversely, hedonistic behavior negatively impacts students' financial management, with a more pronounced effect observed among boarding students. Furthermore, a difference test reveals no significant disparity in financial management between boarding and non-boarding students. This study contributes to the field of personal finance research by introducing the social environment as a moderating factor—a dimension underexplored in prior studies. The findings underscore the importance of financial education for students to enhance financial literacy and mitigate the adverse effects of consumerist behavior
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025