Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan disiplin kelas yang dilakukan di SDN Cilangkap 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kuasi kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur terhadap 15 guru sekolah dasar di SDN Cilangkap 2. Analisis menemukan empat tema utama: strategi, jenis, urgensi dan upaya kedisiplinan dalam pembinaan karakter disiplin siswa disekolah. Analisis menemukan empat tema utama: strategi, jenis, urgensi dan upaya kedisiplinan dalam pembinaan karakter disiplin siswa disekolah. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keberhasilan sekolah dalam menerapkan kedisiplinan ditentukan oleh strategi penyusunan peraturan tata tertib yang baik, pentingnya kedisiplinan bagi pengendalian diri siswa, salah satunya dalam mengelola sikap dan etika, keberhasilan disiplin juga ditentukan oleh upaya layanan konseling, yang membantu siswa mengatasi masalah pribadi atau emosional yang dapat memengaruhi perilaku tidak disiplin. Penelitian ini berkontribusi untuk menumbuhkan kesadaran diri pada siswa terhadap nilai disiplin kelas serta membangun hubungan yang baik antara siswa dengan guru.
Copyrights © 2025