Stres adalah kondisi yang sering dialami oleh mahasiswa profesi ners, terutama selama menjalani praktik klinik, yang disebabkan oleh tekanan akademik, tuntutan tugas, dan masalah sosial. Strategi koping yang efektif dan regulasi diri yang baik dapat membantu mahasiswa mengelola stres dan meningkatkan kesejahteraan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara strategi koping dan regulasi diri dengan tingkat stres pada mahasiswa/i Profesi Ners Institut Citra Internasional tahun 2024. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif pendekatan korelasional dengan sampel 64 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang mengukur strategi koping, regulasi diri, dan tingkat stres. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara strategi koping dan tingkat stres, dengan nilai signifikan ρ-value 0,004 (ρ < 0,05). Hasil ini mengindikasikan bahwa semakin baik strategi koping yang diterapkan mahasiswa, semakin rendah tingkat stres yang dialami. Selain itu, regulasi diri juga terbukti berhubungan signifikan dengan tingkat stres, dengan nilai signifikan ρ-value 0,001 (ρ < 0,05), yang menunjukkan bahwa kemampuan regulasi diri yang baik dapat membantu mahasiswa dalam mengelola stres akademik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi koping yang adaptif dan regulasi diri yang baik dapat secara signifikan menurunkan tingkat stres mahasiswa, sehingga penting untuk mendukung kesejahteraan mental mereka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025