Untuk mencegah penyakit tidak menular terkait gizi yang disebabkan oleh kelebihan atau kekurangan gizi, tubuh membutuhkan perilaku konsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin, mineral, dan serat untuk menjalani pola hidup yang sehat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengetahuan orang tua dan sikap konsumsi sayur dan buah pada anak preschool setelah pemberian E-Education dengan learning media picture story books and animated videos. Desain penelitian pada penelitian ini Quasi eksperimen one group pretest-posttest design, dengan memberikan E-Education Dengan Learning Media Picture Story Books And Animated Videos pada orang tua dan anak pre-school. Sampel pada penelitian ini adalah orang tua dan anak di TK Kemala Bhayangkari 49 Ngunut dengan 41 responden. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data bivariat dengan Uji Wilcoxon, karena data terdistribusi tidak normal. Pengetahuan dan sikap konsumsi sayur dan buah diperoleh sig.(tailed) atau nilai p sebesar 0,011< α, yang berarti H1 diterima atau ada perbedaan rata-rata antara sebelum dan sesudah diberikan E-Education Dengan Learning Media Picture Story Books And Animated Videos pada orang tua dan anak pre-school. Ada pengaruh media belajar buku cerita bergambar dan video animasi terhadap sikap konsumsi sayur dan buah.
Copyrights © 2025