Untuk mengetahui kepuasan pengunjung pengelola wisata harus mendapatkan inputan dari wisatawan kemudian diolah dan dianalisis untuk mendapatkan informasi yang akurat sebagai referensi untuk mengambil keputusan. Hal ini belum dilakukan secara maksimal oleh pengelola Wisata Alam Lejja karena keterbatasan pengetahuan dan alat bantu teknologi yang bisa memudahkan mengklasifikasi kepuasan pengunjung. Salah satu yang bisa digunakan untuk klasifikasi kepuasan pengunjung Wisata Alam Lejja adalah aplikasi Data Mining dengan menggunakan berbagai teknik analisis statistik, matematika, dan komputasi. Dalam konteks klasifikasi kepuasan pengunjung wisata, data mining digunakan untuk mengolah data historis pengunjung dan informasi lainnya guna mengetahui pola data kepuasan pengunjung. Penerapan teknik data mining untuk sistem klasifikasi kepuasan pengunjung wisata dapat menggunakan berbagai metode salah satunya adalah metode Naïve Bayes. Hasil implementasi Penerapan Data Mining untuk Klasifikasi kepuasan pengunjung Wisata Alam Lejja menggunakan Metode Naïve Bayes berjalan dengan baik dan menghasilkan tiga bentuk klasifikasi berdasarkan prediksi yaitu sangat Puas, Puas dan kurang Puas. Hasil implementasi mendapatkan 30 Pengunjung Puas, 13 Pengunjung sangat memuaskan dan 7 Pengunjung kurang puas dari total data pengunjung sebanyak 50 Pengunjung
Copyrights © 2025