Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi peengembangan bisnis pada mebel Jepara Barokah dan bagaimana analisis SWOT terhadap strategi penegembangan bisnis pada mebel Jepara Barokah di Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian ini menggunakan Metode Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa bahwa strategi faktor internal yang dapat mempengaruhi pengembangan bisnis mebel yaitu, tidak memiliki sistem laporan keuangan secara sistematis dalam bentuk pembukuan, minimnya pemanfaatan teknologi internet dalam mempeluas daerah pemasaran. Dan strategi faktor eksternal yang menjadi ancaman dapat mempengaruhi pengembangan bisnis mebel seperti, banyaaknya pesaing yang menjual barang sejenis. Matriks SWOT menggambarkan secara jelas peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi mebel Jepara Barokah, dengan disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Kata Kunci : Strategi Pengembangan Bisnis, Analisis SWOT, Bisnis Mebel Jepara Barokah
Copyrights © 2025