PARAPOLITIKA: Journal Of Politics and Democracy Studies
Vol. 5 No. 2 (2024): PARAPOLITIKA: Journal of Politics and Democracy Studies

Analisis Strategi Pull Political Marketing Partai Politik Menjelang Pemilihan Umum 2024 (Studi Kasus Akun @Gerindra Pada Media Sosial X)

Risa Andani (Unknown)
Danis Tri Saputra Wahidin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Partai Gerindra terbilang stabil dalam soal elektabilitas dan perolehan suara. Citra positif tentunya memainkan peran dalam hal tersebut. Membentuk dan mempertahankan citra positif dapat dilakukan dengan menggunakan komunikasi politik. Salah satu bagian dari komunikasi politik adalah pemasaran politik. Penelitian ini meneliti strategi pull political marketing akun @Gerindra di media sosial X menjelang Pemilu 2024 dalam periode waktu 01 Januari 2023 hingga 10 Februari 2024. Pada Pemilu 2024, Partai Gerindra merupakan salah satu Partai Politik yang ikut serta sekaligus partai yang mengusung Ketua Umumnya yaitu Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden. Hasil penelitian menemukan bahwa akun @Gerindra menggunakan strategi akomodasi komunikasi, pemasaran media sosial, model interaksi dalam komunikasi, perbaikan imej politik, personal branding, dan celebrity endorsement. Awalnya, citra positif akun @Gerindra bersifat fluktuasi (naik-turun-naik-turun) namun sejak Oktober 2023, sentimen positif mengalami penurunan yang drastis dan tidak melihat adanya kenaikan yang signifikan hingga periode penelitian selesai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pp

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Parapolitika : Journal of Politics and Democracy Studies is the official journal published by the Department of Political Science, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Pembagunan Nasional Veteran Jakarta. This journal aims to publish any kinds of popular scientific papers or ...