Manuju : Malahayati Nursing Journal
Vol 7, No 4 (2025): Volume 7 Nomor 4 (2025)

Efektivitas Modul Pembelajaran Mnemonic SAMBAS Dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Siswa Dalam Melakukan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Lalu Lintas

Hatmalyakin, Debby (Unknown)
Hidayat, Uti Rusdian (Unknown)
Akbar, Ali (Unknown)
Alfikrie, Fauzan (Unknown)
Arisandi, Defa (Unknown)
Nurpratiwi, Nurpratiwi (Unknown)
Amaludin, Mimi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

ABSTRACT Traffic injuries are one of the leading causes of disability and death among children worldwide. This high mortality rate is caused by the low knowledge and skills of first aiders in providing first aid in accident cases. Therefore, a learning process is needed to improve knowledge and skills by using the SAMBAS mnemonic learning module media. Knowing the effectiveness of the mnemonic sambas learning module in improving knowledge and skills in performing first aid in traffic accidents. Quasy Experimental used one group pretest posttest. The sampling technique is non-probability sampling with a quota sampling method with a total of 30 respondents. Statistical analysis used the Wilcoxon test. Based on the results of the study, the p value = 0.000 indicates that there is a change in knowledge after being given the intervention and the p value = 0.000 also explains that there are changes in skills after being given the SAMBAS mnemonic learning module. The SAMBAS mnemonic learning module can improve knowledge and skills in performing first aid in traffic accident cases. Keywords: Module, Mnemonic SAMBAS, Knowledge, Skills  ABSTRAK Cedera lalu lintas menjadi salah satu penyebab utama kecacatan dan kematian anak-anak di dunia. Tingginya angka kematian ini disebabkan oleh rendahnya pengetahuan dan keterampilan penolong pertama dalam memberikan pertolongan pertama pada kasus kecelakaan. Oleh karena itu diperlukan proses pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dengan menggunakan media modul pembelajaran mnemonic SAMBAS.  Mengetahui efektivitas modul pembelajaran mnemonic sambas dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas. Quasy Experimental menggunakan one group pretest posttest. Adapun teknik sampling yaitu non probability sampling dengan metode kuota sampling dengan jumlah responden 30 orang. Analisis statistik menggunakan uji wilcoxon.  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai p=0,000 yang menunjukkan terdapat perubahan pengetahuan setelah diberikan intervensi dan nilai p=0,000 juga menjelaskan bahwa terdapat perubahan keterampilan setelah diberikan modul pembelajaran mnemonic SAMBAS.  Modul pembelajaran mnemonic SAMBAS dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan pertolongan pertama pada kasus kecelakaan lalu lintas. Kata Kunci: Modul, Mnemonic SAMBAS, Pengetahuan, Keterampilan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

manuju

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

MANUJU : Malahayati Nursing Journal merupakan jurnal yang memiliki fokus utama pada hasil penelitian dan ilmu-ilmu di bidang kesehatan yang dikembangkan dengan pendekatan interdispliner dan multidisiplin. Proses penerimaan naskah selalu terbuka setiap waktu, naskah yang sudah disubmit oleh penulis ...