Abstrak— Teknologi intormasi yang terus berkembang telahmeningkatkan kompleksitas operasional perusahaan, sehinggamembutuhkan proses intergrasi untuk mendukung layananperusahaan menjadi lebih baik. Agar proses intergasi berfungsidengan baik, diperlukan manajemen layanan teknologi (IT)yang tepat. Information Technology Service Management(ITSM) dapat menjadi solusi yang tepat untuk mendukunglayanan Perusahaan dengan pengelolaan infrastruktur danproses intergasi layanan. Namun ITSM memiliki kekuranganterhadap visibilitas jaringan. Dalam upaya mengatasikekurangan ITSM tersebut, dapat dilakukan denganmenggunakan aplikasi tambahan berupa Network MonitoringSoftware (NMS) yang berfokus pada pemantauan dan analisisjaringan. Berdasarkan uraian diatas, penelitian ini bertujuanuntuk melakukan implementasi dan integrasi iTop sebagaiITSM dan Zabbix sebagai NMS berdasarkan aspek prosesintegrasi untuk memberikan visibilitas yang lebih baikterhadap pemantauan sistem Ubuntu dengan menggunakanparameter penurunan kecepatan ethernet. Penelitian inidilakukan menggunakan metode Network Development LifeCycle (NDLC) karena memiliki pendekatan yang terstrukturdan relevan dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalahmenghasilkan proses integrasi kedua sistem dalam pembuatantiket Incident Management secara real-time. Dari keseluruhanincident yang terjadi pada kedua sistem tersebut, diperolehrata-rata response time 2.3 detik selisih dari terdeteksinyaincident hingga terbuatnya tiket secara otomatis. Saran yangdapat diberikan pada penelitian ini adalah mempelajari fungsisource code software secara mendalam, mempelajari keamananuntuk menemukan kemungkinan kerentanan dari serangancyber dari kedua software, dan membuka jalan untuk inovasibaru dalam pengembangan kedua software tersebut. Kata kunci— Incident Management, Integrasi, ITSM, NDLC, NMS
Copyrights © 2025