Abstrak — Edukasi wisata atau edu-tourism adalah kegiatandimana peserta kegiatan wisata melakukan perjalanan wisatapada suatu tempat tertentu dalam suatu kelompok dengantujuan-tujuan utama adalah untuk mendapatkan pengalamanbelajar secara langsung terkait dengan lokasi yang dikunjungi.Menurut data jumlah kunjungan yang bersumber dari DinasBudaya dan Pariwisata Rembang, jumlah kunjunganpariwisata paling banyak diduduki pada objek pariwisata nonedukasi, hal itu yang membuat penulis merasa perlumemperbaiki informasi seputar objek wisata edukasi agarmeningkatkan jumlah kunjungan pada objek edukasi wisata,maka dari itu penulis memfokuskan penelitian tugas akhir inipada perbaikan aplikasi pariwisata Rembang yang sebelumnyatelah diluncurkan dan diberi nama =Enjoy Rembang=. Padatugas akhir ini penulis menggunakan metode design thinkingyang mana hasil akhirnya akan memunculkan filter baruaplikasi yaitu filter guide yaitu fitur pemandu wisata yang manaakan membantu wisawatan dalam berwisata di Rembang, fiturobjek wisata edukasi yang nantinya wisatawan objek wisataedukasi dapat melihat referensi objek wisata kunjungan, danpaket edukasi wisata pada navigation bar aplikasi EnjoyRembang. Kata kunci— Edukasi Wisata, Objek Wisata, Aplikasi, Enjoy Rembang, Design Thinking, Wisatawan.
Copyrights © 2025