Equilibrium
Vol. 21 No. 02 (2024): Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi

PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Sesandi, Derby Khoirulloh (Unknown)
Isyanto, Puji (Unknown)
Sumarni, Neni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan digital marketing dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Digital marketing semakin penting sebagai alat dalam strategi pemasaran perusahaan di era digital yang semakin canggih ini. Kualitas produk merupakan faktor penting yang memengaruhi keputusan pembelian. Untuk memastikan sejauh mana kedua variabel tersebut memengaruhi keputusan pembelian pelanggan, penelitian ini menggabungkan keduanya. Metodologi penelitian ini memadukan pendekatan kuantitatif dengan teknik deskriptif verifikatif. Teknik analisa dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan analisis data regresi berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa variabel (Y) atau keputusan pembelian Seblak Teh Windy sangat dipengaruhi oleh digital marketing (X1). Hal ini menunjukkan bahwa digital marketing berdampak besar pada Seblak Teh Windy. Kualitas produk (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel (Y) yaitu keputusan pembelian Seblak Teh Windy bagi generasi z. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya kualitas produk dalam membuat penilaian terhadap apa yang akan dibeli. Digital marketing (X1) dan kualitas produk (X2) merupakan dua elemen yang sangat mempengaruhi keputusan pembelian Seblak Teh Windy. Hal ini menunjukkan bagaimana kualitas produk dan strategi digital marketing yang efisien dapat meningkatkan kepuasan pembelian dan memotivasi generasi z untuk memilih Seblak Teh Windy. Kata kunci: digital marketing; kualitas produk; keputusan pembelian AbstractThe aim of this research is to examine the relationship between digital marketing and product quality on consumer purchasing decisions. Digital marketing is increasingly important as a tool in company marketing strategies in this increasingly sophisticated digital era. Product quality is an important factor that influences purchasing decisions. To ascertain the extent to which these two variables influence customer purchasing decisions, this research combines the two. This research methodology combines a quantitative approach with descriptive verification techniques. The data analysis technique uses a Likert scale with multiple regression data analysis. Research findings show that the variable (Y) or purchase decision for Seblak Teh Windy is strongly influenced by digital marketing (X1). This shows that digital marketing has had a big impact on Seblak Teh Windy. Product quality (X2) has a significant effect on variable (Y), namely the decision to purchase Seblak Teh Windy for generation z. This shows how important product quality is in making an assessment of what to buy. Digital marketing (X1) and product quality (X2) are two elements that greatly influence the purchasing decision for Seblak Teh Windy. This shows how product quality and efficient digital marketing strategies can increase purchasing satisfaction and motivate generation z to choose Seblak Teh Windy. Keywords: digital marketing; product quality; buying decision

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Equilibrium

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EQUILIBRIUM merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Eonomi FKIP Universitas Kuningan yang memuat karya tulis dan penelitian ilmiah dosen dan mahasiswa dibidang ilmu kependidikan dan Ekonomi. Jurnal EQUILIBRIUM terbit setiap 6 bulan sekali yaitu edisi Januari dan Juli ...