Jurnal Manajemen Bisnis dan Terapan
Vol. 1 No. 2 (2023): MEISTER Juli 2023

DETERMINAN PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE GENERASI Z DI KOTA SEMARANG

-, C. Tri Widiastuti (Unknown)
Universari, Nuria (Unknown)
Setiawan, Irene Nathalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menilai dampak media sosial, gaya hidup, dan e-wallet pada perilaku konsumsi belanja online generasi Z di Kota Semarang. Metode Kuantitatif digunakan dalam penelitian. Teknik sampel dengan non-probability sampling menggunakan metode purposive sampling. Populasi adalah Generasi Z di kota Semarang pada rentang usia 18-24 tahun atau generasi yang berada pada tingkat perguruan tinggi dengan status mahasiswa. Analisis Data menggunakan SPSS v. 26 yaitu Uji instrumen, uji asumsi klasik, dan regresi linier berganda. Temuan peneliti menunjukkan bahwa media sosial, gaya hidup, dan e-wallet berdampak positif dan signifikan terhadap pola konsumtif belanja di dunai maya Generasi Z. Perilaku membeli ini didukung oleh berbagai kemudahan yang diberikan oleh aplikasi e-wallet dan telah menjadi gaya hidup Generasi Z untuk mendapatkan kepuasan dan prestise yang maksimal untuk sekadar menunjukkan status sosial. Hal ini berdampak pada timbulnya perilaku belanja yang konsumtif pada generasi Z.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

meister

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen Bisnis dan Terapan (MEISTER) is peer-reviewed journal published twice a year in January and July by the Vocational School, Universitas Sebelas Maret. Since its first publication in January 2023, Jurnal Manajemen Bisnis dan Terapan (MEISTER) has been a medium for disseminating ...