Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Seni Desain Grafis
Vol. 1 No. 01 (2020): Terbitan Juli 2020

STUDI PERTIMBANGAN KREATIF PRODUK ZERO WASTE DI DAYUJIWA YOGYAKARTA

Reni Listyawati (Unknown)
Tiwi Bina Affanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek yang dipertimbangkan dalam memproduksi Produk Zero Waste Karya Dayujiwa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, mengkaji dokumen, dan menganalisis produk zero waste. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi data. Teknik analisis data adalah analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penelaahan produk zero waste karya “Dayujiwa” berupa pakaian wanita menggunakan pertimbangan kreatif yang mencakup konsep perancangan. Pertimbangan kreatif ini meliputi fungsional, bahan, keindahan, teknis pelaksanaan, trend mode, selera konsumen, dan pemasaran. Pada fungsional pakaian wanita memiliki fungsi yaitu dipakai pada acara formal maupun non formal. Fungsi pada pelengkap pakaian yaitu digunakan untuk berbagai keperluan, seperti membawa berbagai macam barang sehari-hari, kalung memiliki fungsi untuk memperindah diri, masker berfungsi untuk melindungi diri dari debu dan virus. Cinderamata memiliki fungsi yaitu digunakan untuk pribadi, bisa juga untuk sebagai hadiah untuk seseorang. Pelengkap interior memiliki fungsi yaitu mempercantik ruangan, melengkapi bagian yang kosong, dan memberikan warna. Bahan yang digunakan pada pakaian wanita, pelengkap pakaian, cinderamata dan pelengkap interior yaitu ada yang menggunakan bahan utama dari kain katun paris atau kain katun primissima, yaitu pada pakaian wanita. Bahan perca digunakan sebagai bahan utama yaitu pada pelengkap pakaian, cinderamata dan pelengkap interior. Bahan pendukung utama dari kain perca batik dan shibori digunakan pada pelengkap pakaian, cinderamata dan pelengkap interior. Keindahan ini dirancang dengan unsur hias dari kain perca. Estetika dalam produk zero waste karya “Dayujiwa”, yaitu pada penambahan teknik sulam yang ada pada totebag, karpet dan wall hanging. Penambahan teknik patchwork ada pada karpet. Kesatuan ditunjukkan pada warna yang serasi dari bahan utama dan bahan pendukung.Teknis pelaksanaan ada 3 tahap yaitu pra produksi terdapat desain, pola, dan pecah pola yang terdiri oleh dua orang staff. Pelaksanaan ada memotong kain dan menjahit yang terdiri dari dua orang staff. Tahap finishing terdiri dari quality control, pengemasan, dan display homestore yang terdiri dari satu orang staff. Trend mode yang digunakan “Dayujiwa” yaitu tidak lekang oleh waktu atau up to date. Selera konsumen yang digunakan oleh “Dayujiwa”adalah melakukan survey selera konsumen dengan mengikuti pameran-pameran yang diselenggarakan di berbagai daerah di Indonesia. Melalui pameran tersebut, “Dayujiwa” melihat-lihat trend mode dari pakaian yang dijual, mencoba membuat pakaian untuk diri sendiri, dan melakukan survey kembali. Apabila banyak yang menyukai dan menginginkannya, maka akan dimasukkan list ke pembuatan produk. “Dayujiwa” juga melakukan riset di media sosial seperti Pinterest dan Instagram. Pemasaran oleh “Dayujiwa” yaitu secara online dijual di Instagram dan Website “Dayujiwa”. Secara offline, produk “Dayujiwa” dipasarkan melalui pameran-pameran di berbagai daerah di Indonesia dan beberapa konsumen datang ke homestore

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

dimensi

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Dimensi adalah jurnal ilmiah yang memuat tulisan penelitian dan non penelitian dalam bidang Ilmu Komunikasi dan Seni Desain Grafis. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu pada bulan Juli dan Desember. Jurnal ini tidak dikenakan biaya dalam penerbitannya (free charge) Dimensi menggunakan ...