Wisata religi memiliki data tarik tersendiri bagi wisatawan dengan nilai-Nilai kerohanian dan toleransi antar umat beragama yang dapat menjadi pedoman bagi kehidupan. Keanekaragaman keindahan alam Indonesia yang dipadukan dengan nilai- nilai kerohanian menjadikan tempat wisata memiliki keindahan tersendiri. Indonesia mempunyai potensi wisata religi yang sangat besar.Hal ini dikarenakan sejakdahulu Indonesia dikenal sebagai Negara religius.Banyak bangunan atau tempat bersejarah yang memiliki arti khusus bagi wisatawan. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau biasa disebut dengan penelitian dan pengembangan ( R&D) yaitu 4P (Penelitian, Perancangan, Produksi, dan Pengujian). Menurut dalam bidang pendidikan, Borg dan Gall (1988) menyatakan bahwa, penelitian dan pengembangan (research and development/R&D),merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan atau memvalidasi produk-produk yang digunakan dalam Pendidikan dan pembelajaran.Hasil Perancangan video wisata religi setelahnya proses perancangan berupa video wisata religi yang sudah di rander. Hasil desainan tersebut kemudian di upload ke youtube menggunakan channel peneliti. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti bahas tentang “Perancangan video tour wisata religi untuk mengenalkan budaya islam di pasuruan” peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa perancangan video tour wisata religi dibuat untuk membantu bagaimana konsep, proses, dan bentuk video tour wisata religi sebagai media promosi dan informasi dalam memperkenalkan Budaya islam di pasuruan 1 kepada khalayak umum yang lebih luas agar lebih banyak orang yang mengetahui dan memahami wisata religi yang ada di pasuruan. Video tour dapat memperkenalkan Wisata religi di pasuruan lebih jelas dan menarik karena masyarakat bisa melihat gambaran suasana yang ada di wisata religi secara visual, tidak hanya melihat gambar saja namun juga bisa mendengar penjelasan voice over yang ada didalam video dengan hasil penilaian mendapatkan skor 4105 dari skor ideal 4550 atau 90,2% pada uji coba produk efektivitas. Berdasarkan hasil validasi kepada 2 validator ahli yaitu ahli media dan ahli materi, produk yang peneliti kembangkan mendapatkan total skor 114 dari total skor maksimal 145 atau 78,6 %
Copyrights © 2025