Scaffolding
Vol. 13 No. 1 (2024): Scaffolding

Analisis Pemanfaatan Jurnal Elektronik Bidang Teknik Sipil oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Semarang sebagai Sumber Belajar menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)

Hendriyanto, Bagus (Unknown)
Qudus, Nur (Unknown)
Tugino (Unknown)
Kristianto, Virgiawan Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang dominan dan tingkat kepuasan pemustaka dalam mengakses jurnal elektronik yang dilanggan Universitas Negeri Semarang bidang teknik sipil oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Semarang serta mengetahui pengaruh dari variabel faktor-faktor pemanfaatan terhadap tingkat kepuasan pemustaka dalam mengakses jurnal elektronik.Penelitian ini mengunakan analisa data statika deskriptif, uji t dan uji regresi linear sederhana untuk pengujian hipotesis serta menggunakan pendekatan kuantitatif serta desain penelitiaan Ex-post Facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Semarang angkatan 2020 sampai 2023. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Dari hasil penelitian faktor yang dominan dalam pemanfaatan jurnal elektronik yaitu kemampuan menggunakan komputer sebesar 84,64%. Tingkat kepuasan pemustaka dalam mengakses jurnal elektronik tertinggi yaitu pada relevan dengan kebutuhan pemustaka sebesar 75,08%. Berdasarkan hasil uji t didapatkan bahwa terdapat pengaruh antara faktor-faktor pemanfaatan jurnal elektronik terhadap tingkat kepuasan pemustaka dalam mengakses jurnal elektronik dan berdasarkan hasil uji koefisien determinasi besaran pengaruh dari faktor-faktor pemanfaatan terhadap tingkat kepuasan pemustaka dalam mengakses jurnal elektronik yaitu sebesar 48,1%, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

scaffolding

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

The journal covers a wide range of topics within the field of technical and vocational education especially in Construction Engineering Education and civil engineering ...