Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Vol. 11 No. 2 (2024): Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen

Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Profitabilitas terhadap Corporate Social Responsibility (CSR)

Simarmata, Regina Stephanie (Unknown)
Lestari, Dwi Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana ukuran perusahaan, proftabilitas, leverage dan Corporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan sektor industri minyak dan gas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahu 2018 – 2022, serta untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh ukuran perusahaan, leverage dan tingkat profitabilitas pada perusahaan sektor minyak bumi dan gas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018 – 2022 terhadap pengungkapan CSR baik secara parsial maupun simultan. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen diantaranya Ukuran Perusahaan yang diukur dengan besarnya total aktiva yang dimiliki perusahaan kemudian ditransformasikan dalam logaritma, Leverage yang dikur dengan rasio DER dan Profitabilitas yang diukur dengan besaran rasio ROA. Sedangkan untuk variabel dependen ialah Corporate Social Responsibility (CSR) yang diukur dengan menggunakan CSRDI (Corporate Social Responsibility Disclosure Index) berdasarkan GRI G4 dengan 6 (enam) indikator kinerja dan 91 (sembilan puluh satu) item pengungkapan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor minyak dan gas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 208 – 2022 sebanyak 86 perusahaan. Sedangkan 11 (sebelas) sampel yang dipilih dengan rentang tahun 2018 sampai tahun 2022 berdasarkan kriteria tertentu menjadi sampel dalam penelitian ini. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Uji Asumsi Klasik dan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa, ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap pengungkapan CSR sedangkan leverage dan profitabilitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan CSR.  Secara simultan, variabel ukuran perusahaan, leverage dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan dengan kategori besar lebih banyak mengungkapkan informasi CSR nya untuk itu perlu bagi perusahaan agar dapat mempertahankan dan meningkatkan total asetnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Inovasi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen adalah publikasi ilmiah yang memuat hasil penelitian dan kajian pemikiran bidang ilmu ilmu manajemen, baik di lingkup marketing, sumberdaya manusia dan keuangan. Dikelola oleh Prodi Magister Manajemen Universitas Pamulang, melaui proses review. ...