Penelitian dalam artikel ini untuk mengetahui dampak kompetensi guru di satu sisi terhadap mutu lulusan siswa SD, dan tingkat akreditasi sekolah serta anggaran pendidikan di sisi lain. Penelitian memanfaatkan data bersumber dari Neraca Pendidikan daerah berupa data panel 23 kabupaten/kota di provinsi Aceh selama tahun 2017-2022. Analisis menggunakan regresi berganda. Hasilnya menunjukkan: 1). Tingkat kompetensi guru SD di Provinsi Aceh selama rahun 2017-2020 masih tergolong rendah. Berkisar antara 36,86 sampai 55,41 dengan rata-rata 44,69. 2). Sedangkan akreditasi sekolah terdapat 23,01% dengan akreditasi A, 57,04% akreditasi B, 16,91% nilai C dan terdapat 3,09% non akreditasi. 3). Sementara anggaran pendidikan terus terdapat kenaikan setiap tahunnya. Dimana tahun 2017 sejumlah 14.733,7 milliar sampai tahun 2020 menjadi 17.279,53 milliar. 4). Hasil uji statistik, hanya variabel kompetensi guru atas dasar nilai UKG yang berpengaruh positif secara signifikan terhadap mutu lulusan SD di provinsi Aceh. Walupun secara simultans ketiga faktor yakni kompetensi guru, akreditasi sekolah dan anggaran pendidikan memberi kontribusi pada peningkatan mutu lulusan yakni sebesar 18,7%. Artinya, lebih banyak faktor lain diluar variabel yang diteliti ini.
Copyrights © 2023