Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 8, No 1 (2025): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

A Systematic Literature Review of School Literacy Movement Policies: Hope and Reality

Anita Cahyani (Universitas Sebelas Maret)
St. Y. Slamet (Universitas Sebelas Maret)
Sudiyanto Sudiyanto (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2025

Abstract

Gerakan Literasi Sekolah (GSL) merupakan kebijakan yang berdampak positif bagi peningkatan literasi siswa. Namun, implementasinya seringkali menghadapi berbagai tantangan dan menunjukkan kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas kebijakan GSL dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa di berbagai jenjang pendidikan, baik lokal (Indonesia) maupun global. Metode penelitian ini menggunakan Systematic Literature Review (SLR) dengan 17 artikel akhir yang diterbitkan antara tahun 2020-2024 (5 tahun terakhir) yang dianalisis. Penerapan GLS, baik di tingkat internasional maupun lokal di Indonesia, telah menunjukkan dampak positif terhadap hasil belajar, motivasi, dan keterlibatan siswa dalam kegiatan literasi. Namun, ada kesenjangan antara ekspektasi dan kenyataan dalam penerapan GLS yang perlu diatasi. Perbedaan utama antara implementasi di tingkat internasional dan lokal terletak pada fokus kurikulum, pendekatan implementasi, dan tantangan yang dihadapi. Di tingkat internasional, fokusnya lebih pada literasi kritis dan pemikiran global, sedangkan di Indonesia lebih ditekankan pada kebiasaan membaca dan pengembangan minat baca dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...