KOLEGIAL : Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi
Vol 4 No 2 (2016)

EVALUASI EFEKTIVITAS PELATIHAN MARKETING SKILLS PADA PT XYZ

Yuni Eka Putri (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor)
Lindawati Kartika (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2016

Abstract

PT XYZ menyadari perkembangan industri asuransi yang signifikan di Indonesia mengakibatkan semakin ketatnya persaingan dalam industri tersebut. Selain itu, PT XYZ mengalami penurunan signifikan pada investment income di tahun 2014. Kondisi ini menjadi referensi bagi PT XYZ untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas SDM melalui pelatihan dan pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis evaluasi pelatihan Marketing Skills pada tingkat reaksi, tingkat pembelajaran, tingkat perilaku, dan tingkat hasil di PT XYZ (2) Mengidentifikasi hasil efisiensi pelatihan melalui pendekatan DEA (Data Envelopment Analysis). Data yang digunakan terdiri dari data primer yaitu melalui kuesioner dan wawancara dan data sekunder melalui buku, jurnal, skripsi dan thesis serta data perusahaan. Metode pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif dan Data Envelopment Analysis (DEA). Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tingkat reaksi terdapat dua variabel yang perlu diperbaiki yaitu modul dan fasilitator dan pada tingkat hasil terdapat variabel yang perlu ditingkatkan yaitu motivasi. Hasil analisis efisiensi menunjukan terdapat tiga section yang sudah efisien dan satu section yang belum efisien dilihat dari skor efisiensi.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

kolegial

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

KOLEGIAL is a national scientific journal published by Dwi Sakti Baturaja College of Economics. This journal contains the issues about the results of research activities, articles, and conceptual papers, from lecturers, researchers, and practitioners from within and outside the institution. The ...