AL-UJRAH: Jurnal Ekonomi Islam
Vol 3 No 02 (2024): Al-Ujrah: Jurnal Ekonomi Islam

Pengaruh Atribut Islami, Kelengkapan Produk, dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada Toko Basmalah cabang Plumbon, Pandaan, Pasuruan

Mabruroh, Nirza Balqisa (Unknown)
Fauziah, Nur Dinah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Di Indonesia saat ini pertumbuhan penjualan ritel pada 2023 mengalami peningkatan mencapai kisaran 4% atau sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia sekitar 5.5%, pesentase tersebut menurut Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO). Peningkatan ritel tersebut juga dibarengi oleh perilaku konsumtif, jumlah penduduk yang terus bertambah, dan adanya kebutuhan konsumen untuk memenuhi kebutuhannya. Penelitian ini diberi judul “Pengaruh Atribut Islami, Kelengkapan Produk, dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada Toko Basmalah Cabang Plumbon Pandaan Pasuruan” dan bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh atribut Islami, kelengkapan produk, dan harga secara parsial dan simultan terhadap loyalitas konsumen pada Toko Basmalah cabang Plumbon Pandaan Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode survei. Dengan jumlah 100 responden yang dipilih menggunakan teknik sampel probabilitas (probability sampel) dengan menggunakan rumus Lemeshow dari seluruh konsumen yang berbelanja pada Toko Basmalah. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian ini, pada uji t menunjukkan bahwa variabel bebas atribut Islami dan harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, sedangkan variabel kelengkapan produk tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Pada uji F variabel bebas atribut Islami, kelengkapan produk dan harga secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Dan berdasarkan nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa 53,4 % loyalitas konsumen dipengaruhi oleh ketiga faktor diatas, sedangkan sisanya 46,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-ujrah

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

AL-UJRAH: Jurnal Ekonomi Islam merupakan jurnal akademik yang diterbitkan dua kali dalam 1 tahun (Desember dan Juni) oleh Program Studi Ekonomi Syariah STAI Al Akbar Surabaya. Jurnal ini menerbitkan penelitian orisinal dalam multi konsep, teori, perspektif, paradigma dan metodologi studi ekonomi ...