Jurnal Al-Husna
Vol. 4 No. 3 (2023): Desember 2023

Regulasi Emosi dengan Self Awareness Siswa di SMAN 7 Banjarmasin

Hafizhah, Namira (Unknown)
Faridah, Siti (Unknown)
Fadhila, Mahdia (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2023

Abstract

Masa remaja merupakan tahap kemajuan antara masa dewasa dan masa remaja. Peningkatan seseorang di masa pubertas dan remaja nantinya akan membentuk kemajuan dirinya di masa dewasa. Dengan pedoman kapasitas perasaan yang besar dapat mengawasi kondisi, dengan demikian masalah yang dihadapi akan dapat diselesaikan sendiri. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang berupa angka-angka dan dilakukan pengolahan dengan data statistik, tujuannya menguji hipotesis sebelumnya yang sudah ditetapkan. Penulis dalam konteks ini ingin mengetahui tingkat hubungan positif antara regulasi emosi dengan kesadaran diri siswa di SMAN 7 Banjarmasin.  Hasil penelitian ini adalah siswa dengan regulasi emosi yang cukup tinggi kemauan dapat meningkatkan kesadaran diri yang tinggi terhadap lingkungan masyarakat dan faktor lingkungannya. Aspek memonitor emosi dan mengevaluasi emosi memiliki prediksi yang signifikan terhadap variabel self awareness. Sedangkan aspek modifikasi emosi sebesar 0,298 (p>0,05) yang artinya aspek ini tidak memprediksi secara signifikan terhadap variabel self awareness pada siswa di SMAN 7 Banjarmasin

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alhusna

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Psikologi Islam, Psikologi Perkembangan, Psikologi Sosial, Psikologi Pendidikan, Psikologi Klinis, dan Psikologi Industri dan ...