Aplikasi TikTok termasuk dalam kategori platform media social secara khusus memberikan kepada pengguna untuk membuat video yang didukung berbagai fitur musik, filter, dan fitur kreatif lainnya. Saat ini TikTok telah berkembang menjadi salah satu aplikasi social commerce yang telah aktif dalam fitur live streaming shopping yang dapat digunakan para pelaku bisnis untuk mempromosikan produk mereka sehingga mereka dapat lebih dikenal oleh masyarakat dalam arti luas. Dalam kegiatan live streaming shopping semakin popular, namun meskipun fitur ini menawarkan banyak keuntungan, masih terdapat masalah dalam keterjangkauan teknologi informasi untuk pengguna dalam memanfaatkan fitur ini. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi minat beli pengguna dalam live streaming shopping aplikasi Tiktok dari perspektif Keterjangkauan Teknologi Informasi. Pengolahan data menggunakan analisis PLS-SEM dengan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukan variabel keterjangkauan informasi memiliki nilai positif namun tidak keseluruhan berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian melalui live streaming shopping karena dari delapan hipotesis ada 2 hipotesis yang memiliki nilai positif namun tidak berpengaruh siginifikan sehingga yang diterima hanya 6 hipotesis saja. Selain itu, faktor-faktor yang dapat mempengaruhi secara signifikan pada minat pembelian adalah metavoicing, guidance shopping, immersion.
Copyrights © 2023