Journal of Information System & Business Management (ISBM)
Vol. 1 No. 1 (2023)

Pembangunan Game Cara Membaca Onyoumi Pada Kanji N5 Sebagai Media Belajar Berbasis Android

Wibowo, Adie Kusna (Unknown)
Sumarno (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2023

Abstract

Bahasa asing yang masuk di Indonesia semakin berkembang salah satunya yaitu Bahasa Jepang. Di negara Indonesia minat orang untuk belajar bahasa Jepang cukup tinggi terbukti dengan mulai banyaknya institusi pendidikan formal dan lembaga kursus yang mengajarkan bahasa jepang yang berada di Indonesia dan dari dampak budaya lainnya yang mempengaruhi minat belajar bahasa jepang. Game bisa jadi media untuk memotivasi belajar terutama dalam kasus kanji dimana dapat menjadi wadah yang menyenangkan dan game yang memfasilitasi belajar kanji yang menjangkau banyak aspek belum banyak. Berdasarkan hal tersebut game bisa menjadi media untuk membantu mengatasi hilangnya motivasi dalam mempelajari kanji. Hasil penelitian adalahaplikasi berbentuk game yang dibuat menggunakan tampilan dalam bentuk dua dimensi secara offline, dengan konsep gabungan multimedia yang dicakup seperti media teks, suara, gambar dan animasi sehingga memudahkan proses belajar huruf kanji N5 oleh pemula.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

isbm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Bisnis Digital, Manajemen, Bisnis, Sistem Informasi dan Teknik Informatika (ISBM) is a peer-reviewed journal. ISBM invites academics and researchers who do original research in the fields of System Information, Technic Information, management, and Business including but not ...