Bahasa asing yang masuk di Indonesia semakin berkembang salah satunya yaitu Bahasa Jepang. Di negara Indonesia minat orang untuk belajar bahasa Jepang cukup tinggi terbukti dengan mulai banyaknya institusi pendidikan formal dan lembaga kursus yang mengajarkan bahasa jepang yang berada di Indonesia dan dari dampak budaya lainnya yang mempengaruhi minat belajar bahasa jepang. Game bisa jadi media untuk memotivasi belajar terutama dalam kasus kanji dimana dapat menjadi wadah yang menyenangkan dan game yang memfasilitasi belajar kanji yang menjangkau banyak aspek belum banyak. Berdasarkan hal tersebut game bisa menjadi media untuk membantu mengatasi hilangnya motivasi dalam mempelajari kanji. Hasil penelitian adalahaplikasi berbentuk game yang dibuat menggunakan tampilan dalam bentuk dua dimensi secara offline, dengan konsep gabungan multimedia yang dicakup seperti media teks, suara, gambar dan animasi sehingga memudahkan proses belajar huruf kanji N5 oleh pemula.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023