Journal of Information System & Business Management (ISBM)
Vol. 1 No. 2 (2023)

Analisis Dampak Promosi dan Kualitas Layanan Elektronik terhadap Niat untuk Membeli Kembali Penggunaan OVOPAY (Studi Kasus Konsumen OVOPAY Se-Karesidenan Pekalongan)

Budiyanto, Muhamad Andi (Unknown)
Prasetyo, Faiz Irsyad (Unknown)
Prihadi, Deddy (Unknown)
Irawan, Bei Harira (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasi apakah terdapat dampak positif dari promosi serta bagaimanakualitas layanan elektronik (e-service) terhadap minat untuk membeli ulang layanan OvoPay.Penelitian ini mengadopsi pendekatan tipe eksplanatori. Dalam proses pengambilan sampel,metode pengambilan sampel non-probabilitas digunakan dengan pendekatan conveniencesampling, di mana survei disebar secara daring melalui formulir Google. Sebanyak 86 individuyang menggunakan layanan OvoPay di kawasan Pekalongan diambil sebagai sampel. Pengukurandilakukan menggunakan model skala Likert. Metode analisis yang diterapkan menggunakanRegresi Linear Berganda, dengan proses analisis dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSSV. 22. Uji instrumen melibatkan uji validitas serta uji reliabilitas. Sementara uji asumsi klasikmelibatkan uji Normalitas dan uji Multikolinearitas serta uji Heteroskedastisitas. Uji analisis datamencakup uji F, koefisien determinasi, uji t dan persamaan regresi berganda.Hasil dari analisis data menunjukkan secara terpisah bahwa promosi memiliki dampak positif dansignifikan terhadap adanya minat beli ulang layanan OvoPay. Sementara itu, kualitas pada layananelektronik (E-Service Quality) juga memiliki dampak positif dan signifikan adanya minat beliulang layanan OvoPay. Secara bersamaan, uji simultan menunjukkan bahwa promosi dan kualitas layanan elektronik (E-Service Quality) secara bersama-sama berdampak positif pada minat beliulang layanan OvoPay sebesar 58,8%, sedangkan pada sisa pengaruh sebesar 41,2% dapatdijelaskan oleh faktor-faktor lain.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

isbm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Bisnis Digital, Manajemen, Bisnis, Sistem Informasi dan Teknik Informatika (ISBM) is a peer-reviewed journal. ISBM invites academics and researchers who do original research in the fields of System Information, Technic Information, management, and Business including but not ...