Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2 No 1 (2022): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

PERBEDAAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KREATIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ICM DAN HYPNOTEACHING

Batubara, Misbah (Unknown)
Rakhmawati, Fibri (Unknown)
Yahfizham (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran tipe Index Card Match dan Hypnoteaching pada materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) kelas X SMA Negeri 1 Sei Kanan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperiment. Populasinya adalah kelas X IPA-1 dan kelas X IPA-2. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah siswa kelas X IPA-1 dan Siswa kelas X IPA-2 yang masing-masing berjumlah 25 orang siswa untuk dijadikan sebagai kelas eksperimen yang ditentukan: 1) kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran index card match lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran hypnoteaching diperoleh nilai Fhitung = 19,37 dan diketahui nilai pada Ftabel pada taraf  (α= 0,05) = 4,03.  2) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran index card match lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran hypnoteaching diperoleh nilai Fhitung = 28,64, diketahui nilai pada Ftabel pada taraf (α= 0,05) = 4,03. ABSTRACT This study aims to determine the differences in the ability to understand concepts and creative thinking skills of students who are taught using the Index Card Match and Hypnoteaching type learning model on the material of the three-variable linear equation system (SPLTV) class X SMA Negeri 1 Sei Kanan. This research is a quantitative research, with a quasi-experimental type of research. The population is class X IPA-1 and class X IPA- 2. The samples used by the researchers were students of class X IPA-1 and class X IPA-2, each of which amounted to 25 students to be used as experimental classes which were determined: 1) the ability to understand concepts and the ability to think creatively mathematical students who were taught by learning index card match is better than students taught by hypnoteaching learning obtained Fcount = 19.37 and it is known that the value in Ftable is at level (α = 0.05) = 4.03. 2) the mathematical creative thinking ability of students who are taught by using index card match learning is better than students who are taught by hypnoteaching. The value of Fcount = 28.64, it is known that the value in Ftable is at level (α = 0.05) = 4.03.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, diterbitkan oleh Yayasan Amanah Nur Aman. Diterbitkan setiap bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dan studi literatur yang berkaitan dengan bidang pendidikan matematika. Jurnal ini menyambut hangat ...