Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2 No 2 (2022): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DIAJAR DENGAN MODEL PBL DAN SSCS

Thoibah (Unknown)
Rakhmawati, Fibri (Unknown)
Maysarah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan Search Solve Create and Share pada materi Trigonometri kelas X SMA Negeri 7 Tanjungbalai. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Tanjungbalai Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 96 siswa, dan sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIA 1 (Eksperimen I) sebanyak 32 siswa dan kelas X MIA 2 (Eksperimen II) sebanyak 32 siswa. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis varians (ANAVA)dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan Search Solve Create and Share dengan Fhitung < Ftabel yaitu 0,355 < 3,996. Maka disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan Search Solve Create and Share. ABSTRACT                         This study aims to determine the differences in students' mathematical critical thinking skills who are taught with the Problem Based Learning and Search Solve Create and Share learning models in the class X Trigonometry material at SMA Negeri 7 Tanjungbalai. This type of research is quantitative research, with a quasi-experimental research approach. The population is all students of class X SMA Negeri 7 Tanjungbalai for the academic year 2020/2021, totaling 96 students, and the sample in this study was class X MIA 1 (Experiment I) as many as 32 students and class X MIA 2 (Experiment II) as many as 32 students. The analysis was performed using a two-way analysis of variance (ANOVA). The results of this study indicate that there is no difference in critical thinking skills taught by the Problem Based Learning and Search Solve Create and Share learning models with F_(count )< F_table which is 0.355 < 3.996. It is concluded that there is no difference in critical thinking skills between students who are taught the Problem Based Learning and Search Solve Create and Share learning models.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, diterbitkan oleh Yayasan Amanah Nur Aman. Diterbitkan setiap bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dan studi literatur yang berkaitan dengan bidang pendidikan matematika. Jurnal ini menyambut hangat ...