Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2 No 3 (2022): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

ANALISIS KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH DENGAN METODE DISKUSI BERDASARKAN IQ

Marisa, Isnaida (Unknown)
Mardianto (Unknown)
Maysarah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa dalam memecahkan masalah matematik dengan metode diskusi berdasarkan tingkat IQ (Intelligence Quotient) dari tinggi hingga rendah di Madrasah Aliyah Negeri Asahan. Indikator yang dipilih yaitu kemampuan matematis siswa yakni : (1) Memahami soal dan masalah yang akan diselesaikan, (2) Membuat strategi hubungan yang logis antara soal dan rumus yang akan digunakan (3) Mengaitkan hal yang diketahui sebelumnya dengan startegi yang akan digunakan dan (4) Mengidentifikasi jawaban dari permasalahan soal dan memeriksanya kembali. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan meneliti langsung kelapangan. Subyek penelitian ini siswa-siswi Kelas XI IPA 3 Man Asahan. Teknik pengumpulan data dengan tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan, diperoleh hasil penelitian yaitu siswa dengan IQ tinggi memiliki kemampuan matematis yang tinggi. Siswa dengan IQ sedang memiliki kemampuan matematis yang sedang hal ini dilihat dari siswa belum mampu memecahkan masalah secara penuh. Kemudian siswa dengan IQ rendah memiliki kemampuan matematis yang rendah sebab siswa mampu memilih prosedur atau operasi tertentu, dalam mengerjakan soal masih ada kekeliruan sehingga tidak sesuai dengan indikator pemahaman konsep.   ABSTRACK                            This study aims to determine the students' mathematical understanding ability in solving mathematical problems with the discussion method based on the level of IQ (Intelligence Quotient) from high to low at Madrasah Aliyah Negeri Asahan. The indicators chosen are the students' mathematical abilities, namely: (1) Understanding the questions and problems to be solved, (2) Making a logical relationship strategy between the questions and formulas that will be used (3) Relating previously known things with the strategies to be used and ( 4) Identify the answers to the problems and check them again. The type of research used is descriptive qualitative research by directly examining the field. The subjects of this study were students of Class XI IPA 3 Man Asahan. Data collection techniques with tests, interviews, and documentation. Data analysis used the Miles and Huberman model, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Based on the data analysis that has been done, the results obtained are students with high IQs have high mathematical abilities. Students with moderate IQ have mathematical abilities, which can be seen from students who have not been able to solve problems in full. Then students with low IQs have low mathematical abilities because students are able to choose certain procedures or operations, in working on questions there are still errors so that they are not in accordance with the indicators of understanding the concept.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, diterbitkan oleh Yayasan Amanah Nur Aman. Diterbitkan setiap bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dan studi literatur yang berkaitan dengan bidang pendidikan matematika. Jurnal ini menyambut hangat ...