Perkembangan adalah bertambah sempurnanya fungsi alat tubuh yang dapat di capai melalui tumbuh kembang kematangan dan belajar. Paud yang efektif sangat bermanfaat untuk membangun struktur perkembangan sensorik dan motorik anak dengan berbagai macam permaianan edukatif. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan edukatif terhadap perkembangan sensorik dan motorik anak prasekolah di Paud X Medan. Desain penelitian menggunakan desain ekspriment semu, populasi penelitian ini seluruh anak di Paud Bahagia Medan sebanyak 42 orang, sampel penelitian adalah balita yang berumur 3-5 tahun, teknik pengambilan sample dengan tekhnik purposive sampling, jumlah sampel sebanyak 15 orang. Intrument yang digunakan lembar observasi, Penyajian data dilakukan dengan univariat dan bivariat menggunakan uji Wilcoxon Signet Ranks Test. Hasil penelitian perngaruh permainan edukatif terhadap perkembangan sensorik dan motorik anak di dapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.03 artinya p-value 0.05, maka dapat dikatakan ada pengaruh permainan edukatif terhadap perkembangan sensorik dan motorik anak prasekolah. Kesimpulan penelitian bahwa terdapat pengaruh permainan edukatif terhadap perkembangan sensorik dan motorik anak prasekolah di Paud Medan.
Copyrights © 2020