Atribut-atribut pelayanan laboratorium komputer yang dibutuhkan mahasiswa, perlu dianalisis untuk memenuhi kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan laboratorium komputer. Penelitian ini dilakukan melalui permintaan umpan balik atau suara dari mahasiswa sebagai pengguna laboratorium komputer. Selain atribut-atribut yang dibutuhkan, mahasiswa juga memberikan penilaian mengenai persepsinya terhadap tingkat kepentingan dan tingkat kinerja atribut-atribut itu. Sampel sebanyak 126 responden diambil secara proportional random sampling dari mahasiswa aktif Jurusan Matematika. Hasil permintaan umpan balik diperoleh 31 atribut pelayanan lengkap dengan penilaiannya. Atribut-atribut ini selanjutnya dianalisis dan direduksi dengan Analisis Faktor. Hasilnya, diperoleh sembilan faktor laten yang signifikan mempengaruhi kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan laboratorium. Faktor-faktor laten itu adalah Penunjang Proses Pembelajaran Empati, Keandalan, Jaminan, Peranan Asisten, Fasilitas Komputasi, Fasilitas Tetap, Keberadaan Asisten, dan Kredibilitas. Keseluruhan faktor laten yang terbentuk memberikan keragaman kumulatif sebesar 70,59%. Faktor laten yang paling besar pengaruhnya faktor penunjang proses pembelajaran. Faktor laten ini dibentuk oleh atribut-atribut ketersediaan air minum, fasilitas internet, layanan mengetik gratis, kepemilikan AC dan fasilitas visual. Fasilitas internet merupakan atribut pembentuk yang memberikan kontribusi paling besar dalam hal kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan laboratorium komputer di Jurusan Matematika.
Copyrights © 2010