Perilaku konsumtif antara lain terpengaruh karena adanya iklan dari media sosial, adanya pengaruh dari teman sebaya, keinginan mengikuti tren atau mode yang sedang berkembang dan bagaimana perilaku berpakaian remaja pada saat ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara terstruktur dan mendalam. Subjek penelitian terdiri dari tujuh remaja putri Universitas Sahid Surakarta. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa sebenarnya gaya hidup konsumtif remaja dalam perilaku konsumtif dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu karena adanya faktor media massa, faktor lingkungan sekitar, dan keinginan diri sendiri. Dan semakin berkembangnya jaman banyak dari mereka lebih sering yang berbelanja online untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, yang paling banyak mereka beli ialah pakaian. Kebanyakan dari mereka membeli karena keinginan saja dan model yang mereka sukai.
Copyrights © 2022