Educator Development Journal
Vol. 2 No. 1 (2024): Eduator Development Journal

Deep Talk sebagai Sarana Komunikasi Guru Akidah Akhlak dengan Siswa di SMA negeri 2 banda Aceh

Hasanah, Uswatun (Unknown)
Loeziana Uce (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi guru dalam membangun pendekatan dan komunikasi melalui deep talk dengan siswa, dan hambatan maupun solusi yang dilakukan oleh guru SMA Negeri 2 Banda Aceh. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berfokus pada hambatan dan strategi guru dalam membangun komunikasi antara guru dan siswa SMA Negeri 2 Banda Aceh. Adapun Informan dalam penelitian ini adalah 1) Guru Akidah Akhlak 2) Guru Bimbingan Konseling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik study kepustakaan dan studi lapangan untuk kemudian dianalisis secara sistematis dan logis dengan penggambaran nyata mengenai objek penelitian dan subyek penelitian. Dengan hasil penelitian bahwa guru melakukan berbagai upaya dalam membangun kedekatan dengan siswa, meliputi: 1) meningkatkan keterlibatan siswa, 2) membangun hubungan yang kuat, 3) mendukung perkembangan emosional, dan 4) membangun kesadaran diri. Dalam upaya yang telah dilakukan guru, maka guru juga mengalami hambatan dalam membangun komunikasi dengan siswa, dikarenakan siswa yang masih membangun jarak dengan guru, sehingga guru tidak bisa mengetahui lebih dalam mengenai permasalahan yang dihadapi siswa, sehingga interaksi antara guru dan siswa masih minim

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edj

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Neuroscience

Description

Educator Deploment Journal: Is a scientific publication media and can be accessed by the public published by the Tarbiyah and Teacher Training Faculty of UIN Ar-Raniry Banda Aceh, published twice a year in every February and July. This journal publishes the results of research and scientific work in ...