Kedisiplianan merupakan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku di lingkungan sekolah, namun banyak siswa belum taat azas terhadap aturan-aturan yang telah ditetapkan otoritas sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dalam rangka peningkatan kedisiplinan siswa di SMK Negeri 3 Banda Aceh. Populasi pada penelitian ini adalah 39 orang siswa dan 8 siswa sesuai kriteria ditetapkan sebagai sampel dengan teknik purposive sampling yang akan dikenakan treatment berupa layanan bimbingan kelompok. Dampak dari treatment melaporkan bahwa terdapat perbedaan antara skor nilai pre- test dan post-test. Perbedaan dimaksud dapat dilihat melalui adanya peningkatan skor nilai sesudah diberikan treatment layanan bimbingan kelompok. Hasil uji hipotesis melaporkan bahwa ttabel < thitung = 1,895 < 10.067. Dari hasil tersebut menerangkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil keputusan tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kedisiplinan siswa di SMK Negeri 3 Banda Aceh.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024