Li4Ti5O12 atau LTO merupakan salah satu material alternatif untuk menggantikan graphite sebagai komponen anoda pada baterai Li-ion. Hal ini juga didukung dengan adanya struktur material LTO yang ti-dak mengalami perubahan bentuk selama terjadi interkalasi ion Li+. Penelitian ini fokus terhadap masalah pe-milihan material komposit aditif Acetylene Black (AB) dan Multi Walled Carbon Nanotube (MWCNT), sementa-ra LTO sebagai filler yang digunakan. Pembahasan utama dalam penelitian ini yaitu menganalisa efek dari kedua bahan aditif dan juga efek penambahan massa bahan aditif MWCNT dengan variasi massa sebesar 2%wt, 4%wt dan 8%wt. Dari hasil pengujian XRD menunjukkan terbentuknya fasa LTO pada semua sampel dengan parameter kisi 8.35 A. Untuk hasil pengujian SEM, terjadi aglomerasi pada MWCNT. Untuk mengeta-hui sifat elektrokimia LTO komposit dilakukan pengujian baterai full cell yang terdiri dari pengujian EIS, cyclic voltammetry dan pengujian kapasitas charging discharging.Berdasarkan penelitian ini didapatkan hasil bahwa penggunaan AB memiliki perfoma baterai yang lebih baik dari pada MWCNT. Sedangkan untuk hasil pengu-jian konduktivitas lembaran LTO komposit didapatkan bahwa dengan penambahan massa aditif MWCNT se-banyak 4%wt dapat meningkatkan konduktivitas listrik hingga mencapai 1.56 x 10-2 S/m.
Copyrights © 2015