PROTON : Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Mesin
Vol. 2 No. 2: Oktober 2010

EFISIENSI WAKTU PENGEREMAN DENGAN PEMAKAIAN BOOSTER PADA TWO LEADING SYSTEM

Gatot Soebiyakto (Teknik Mesin Universitas Widyagama Malang)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2010

Abstract

Salah satu faktor penting dalam sistem pengereman adalah waktu pengereman yang efisien. Untuk itu diperlukan suatu penelitian yang dapat menghasilkan waktu pengereman yang efisien, dalam hal ini waktu tersebut relatif singkat tetapi tetap mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan pengendara. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan sistem rem standard dan sistem yang di modifikasi dengan penambahan booster. Hal ini dilakukan dengan cara eksperimen pada sistem rem kendaraan Daihatsu FR 50. Variabel penelitian meliputi variasi volume minyak rem 100 cc, 200 cc, 300 cc, 400 cc, 500 cc dan variasi bukaan pedal ¼, ½, ¾, dan 1. Percobaan dilakukan pada putaran 3000 rpm. Pengambilan data dilakukan dengan pengukuran waktu pengereman yaitu waktu saat mulai injakan pedal sampai putaran tromol roda berhenti. Hasil pengukuran diuji statistik menggunakan uji ANOVA desain faktorial dan uji perbandingan. Hasil penelitan menunjukkan bahwa penambahan booster tidak banyak memberikan pengaruh terhadap waktu pengereman.   Kata kunci : Booster, rem, waktu pengereman, minyak rem.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

proton

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Materials Science & Nanotechnology Mechanical Engineering

Description

Ruang lingkup jurnal ini mencakup, tetapi tidak terbatas pada, bidang-bidang berikut: 1. Konversi Energi 2. Rekayasa dan Konstruksi Mesin 3. Ilmu dan Rekayasa Material 4. Proses dan Teknologi Manufaktur 5. Teknik Industri dan Sistem ...