Jurnal Manajemen & Keuangan
Vol 6 No 1 (2017): JURNAL MANAJEMEN dan KEUANGAN

Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Pendapatan Produk Surat dan Paket Kantor Pos Langsa

Erni Yunaida (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang menjadi penyebab utama turunnya pendapatan produk surat dan paket (mail & parcell) serta memformulasikan alternatif strategi perusahaan dengan matrik SWOT (Strength, Weekness, Opportunity, Threat) Kantor Pos Langsa. Analisis SWOT dilakukan melalui matriks IFAS (Internal Factor Analysis Summary) yang menguraikan faktor-faktor kekuatan terbesar dan kelemahan perusahaan dan matriks EFAS (External Factor Analysis Strategy) yang menguraikan faktor-faktor peluang dan ancaman yang dimiliki perusahaan, dan matriks IE (Internal External) yang menunjukkan di mana posisi perusahaan saat ini. Dari hasil analisis data di dapat total skor dari faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dimana diperoleh bobot kekuatan tertinggi 3,75, bobot kelemahan tertinggi 2,25, bobot peluang tertinggi 3,75 dan bobot ancaman tertinggi 1,75. Nilai total skor rata-rata pada matriks IFE sebesar 2,571 sedangkan, matriks EFE memperoleh total skor rata-rata sebesar 2,818. Hasil tersebut menempatkan Kantor Pos Langsa pada kuadran II, dan Strategi yang harus diterapkan adalah strategi diversifikasi (produk/pasar).

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jmk

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Other

Description

Jurnal Manajemen & Keuangan merupakan wahana hasil penelitian dan telaah konseptual dalam bidang manajemen dan keuangan, diterbitkan sejak tahun 2012 dan terbit 2 kali setahun pada bulan Mei dan ...