Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawahmenggunakan gaya mengajar latihan pada siswa kelas VII SMP Swasta PABA Binjai TahunAjaran 2017/2018. Penelitian ini adalah siswa kelas VII yang menjadi sampel dengan jumlahsiswa sebanyak 30 siswa yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran menggunakangaya mengajar latihan terhadap hasil belajar passing bawah bola voli. Metode yang dipakaipada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiapsiklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar passing bawah khususnya passingbawah. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua mingguatau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data.Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak18 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (60) telah mencapai tingkatketuntasan belajar sedangkan 12 orang siswa (40) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar.Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah adalah 69,36. Namun belum memenuhi kriteriaketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus IIdiperoleh data sebanyak 27 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (90) yangtelah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 3 orang siswa (10) masih belum tuntas. Dengannilai rata-rata hasil belajar setelah adalah 80,2. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswadari tes sebelumnya yaitu 10,82 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 30%.Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa menggunakan gaya mengajar latihandapat memberikan peningkatan terhadap proses hasil belajar passing bawah dalam permainanbola voli pada siswa kelas VII SMP Swasta pada Binjai Tahun Ajaran 2017/2018
Copyrights © 2017