Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajarPassing Atas Melalui Gaya Mengajar Penemuan Terbimbing pada siswa kelas X SMANegeri 3 Kuala Nagan Raya tahun ajaran 20014/2015. Waktu penelitian dilaksanakan padabulan April 2015. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah siswa 30orang yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan yang akandiberikan tindakan berupa gaya penemuan terbimbing pada pembelajaran Passing Atas BolaVoli.Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I dilakukan tes hasil belajar I dapat dilihatbahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik Passing Atas masih rendah. Dari 30orang siswa terdapat 20 orang (66%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 10orang (33%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswaadalah 74,3. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalammelakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 30 orang siswa terdapat 26orang (87%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang (12%) belummencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,7, sehinggaterdapat kenaikan 25% hasil belajar dari siklus I ke siklus II.Berdasarkan hal itu maka dapat di simpulkan bahwa pembelajaran melalui gayamengajar Penemuan Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar Passing Atas pada siswakelas X SMA Negeri 3 Kuala Nagan Raya Tahun Ajaran 2014/ 2015.
Copyrights © 2017