Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan kegiatanpermainan bola kecil dengan bola dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak kelompokB di TK Jihan Ulfani Kecamatan Medan Marelan dan mengetahui sejauh mana hasilpeningkatan kecerdasan kinestetik anak melalui permainan bola kecil dengan bola dikelompok B TK Jihan Ulfani Kecamatan Medan Marelan. Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah Penelitian Tindakan yang mengacu pada model Penelitian TindakanKelas dari Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan,pengamatan, refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 8kali pertemuan/ tindakan.Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatifdengan statistik deskriptif yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari siklus pertama dansiklus kedua. Sedangkan analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasilcatatan lapangan dan wawancara selama penelitian dengan langkah-langkah reduksi data,display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatankecerdasan kinestetik melalui kegiatan permainan bola kecil dengan bola, dapat dibuktikanrata-rata skor kecerdasan kinestetik pra tindakan anak sebesar 32,81%. Kemudian mengalamipeningkatan pada siklus I sebesar 37,44% sehingga menjadi 70,25%. Selanjutnya dari siklus Ike siklus II kecerdasan kinestetik anak mengalami peningkatan sebesar 17,91% dari 70,25%menjadi 88,16%. Sehingga total peningkatan kecerdasan kinestetik anak mulai dari pratindakan, siklus I sampai siklus II 32,81% yaitu 70,25% menjadi 88,16%.
Copyrights © 2017