Penelitian ini adalah penelitian survei bersifat deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII UPT SPF SMP Negeri 6 Makassar dan (2) deskripsi keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII UPT SPF SMP Negeri 6 Makassar. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di UPT SPF SMP Negeri 6 Makassar sebanyak 428 peserta didik yang tersebar di 11 kelas. Sampel dipilih dengan teknik simple random sampling dari seluruh populasi menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%. Jumlah sampel yang terpilih sebanyak 209 peserta didik. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 butir pada materi pokok usaha, energi dan pesawat sederhana. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa: 1) tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII UPT SPF SMP Negeri 6 Makassar berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata sebesar 11,79; dan (2) deskripsi pencapaian tiap aspek keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII UPT SPF SMP Negeri 6 Makassar pada aspek 1) memberikan penjelasan sederhana mencapai 72,96% (tinggi), 2) membangun keterampilan dasar mencapai 56,81% (cukup), 3) menyimpulkan mencapai 50,71% (cukup), 4) memberikan penjelasan lebih lanjut mencapai 57,77% (cukup), dan 5) mengatur strategi dan taktik mencapai 56,69% (cukup).
Copyrights © 2024