Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah modifikasi alat dapat meningkatkanhasil belajar menendang dengan kaki bagian dalam pada materi sepakbola. Manfaatpenelitian ini adalah untuk memberikan gambaran para pendidik tentang penggunaanpendekatan yang sesuai dalam kegiatan proses belajar mengajar, sehingga dapatmeningkatkan kualitas hasil pembelajaran.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dandilaksanakan dua siklus, setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, danrefleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas V SDN Kembangan Utara 08 Petang JakartaBarat yang berjumlah 17 orang. Data dikumpulkan dari hasil observasi dan hasil tes belajar.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, terbukti padasiklus satu yang tuntas belajar mencapai 11 siswa atau 65% dengan nilai rata-rata 75. Padasiklus dua mencapai 15 siswa atau 88 % dengan nilai rata-rata 80. Selain itu, denganmodifikasi alat dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran menendang dengankaki bagian dalam materi sepakbola. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modifikasialat dengan menggunakan alat yang sederhana efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswadalam pembelajaran menendang dengan kaki bagian dalam materi sepakbola pada siswakelas V SDN Kembangan Utara08 Petang Jakarta Barat. Kepada rekan-rekan seprofesi untukdapat menerapkan hasil penelitian ini secara berkesinambungan dan kepada guru PendidikanJasmani dan Kesehatan agar dapat menerapkan metode permainan ini sebagai alternativedalam proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017