Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan masyarakatpun semakin meningkat. Begitu pula dengan kebutuhan akan teknologi.Teknologi diciptakan untuk memberi kemudahan kepada manusia, salah satu contohnya adalah Laptop (komputer jinjing). Perkembangan produk laptop pada saat ini sudah berkembang begitu pesat dan banyak sekali persaingan. Banyaknya produk laptop yang ditawarkan, akan membuat konsumen bingung dalam hal pemilihan produk. Konsumen akan lebih selektif dan teliti untuk memutuskan dan kemudian membeli dari beberapa pilihan produk laptop yang ada. Untuk membantu konsumen dalam menentukan pilihan produk laptop, maka dibutuhkan sebuah sistem pengambilan keputusan menggunakan FMADM (Fuzzy Multiple Attribute Decission Making) dengan metode SAW (Simple additive Weight). Metode ini digunakan untuk menentukan sebuah alternatif pilihan berdasarkan bobot dan kriteria yang sudah ditentukan. Kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang terbaik, yaitu produk laptop yang sesuai dengan keinginan konsumen. Dalam penelitian ini, diberikan 4 alternatif pilihan produk laptop yaitu Laptop merk Acer, Toshiba, Asus dan HP. Setelah dilakukan proses normalisasi untuk tiap – tiap kriteria, dan perkalian hasil normalisasi dengan bobot untuk setiap kriteria, maka didapatkan produk Laptop merk Acer sebagai produk pilihan karena mempunyai niali akhir terbasar yaitu 0,91.
Copyrights © 2013