Persepsi merupakan suatu proses yang ditempuh individu untuk mengorganisasikan dan menafsirkan kesan-kesan indera mereka agar memberikan makna bagi lingkungan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap perubahan aspek sosial dan ekonomi sebagai dampak keberadaan perusahaan kelapa sawit di Desa Martebing Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan Quata Sampling dengan 35 orang responden yang ada di Desa Martebing. Teknik pengumpalan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dokumentasi dan observasi serta studi literatur. Adapun metode analisi data yang digunakan adalah skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat yang ada di Desa Martebing memilki persepsi Positif terhadap perusahaan kelapa sawit di bagian indikator lingkungan, pendidikan, kesehatan, infrasturktur dengan skor rata-rata 15,6 (90,8%) sedangakan dibagian indikitor pendapatan dan lapanagan pekerjaan bersifat Negatif dengan skor rata-rata 5,82 (9,2%).
Copyrights © 2024